AWAL KEBANGKITAN FEDERASI SERIKAT PEKERJA PERKEBUNAN NUSANTARA (FSP BUN)

posted in: Berita | 0

DSC_0316Momen besar sekaligus menjadi kebanggaan bagi seluruh anggota Federasi Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara yang beranggotakan SPBUN PTPN I s.d XIV, lembaga, anak perusahaan lingkup BUMN Perkebunan dan Dapenbun, dibawah pimpinan Tuhu Bangun SP (Ketua Umum FSPBUN), Hasan BAsri, SH.,MH (sekretaris Jenderal FSPBUN dan BUdiyono SH,MH (Bendahara Umum FSPBUN) pada tanggal 8 sepetember 2013 di Hotel Sari Pan Pasipic Jakarta mengadakan acara yang bertajuk Halal BIhalal 1434 H yang di hadiri dan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

DSC_0430Launching Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Perkebunan merupakan salah satu dari agenda. Di Depan Menteri BUMN dahlan Iskan, Sekretaris Jenderal FSPBUN membacakan Surat Keputusan Pengukuhan LBH Perkebunan yang berjumlah 21 orang dengan Advokat Budiyono, SH.,MH sebagai Direktur Eksekutif yang dilanjutkan penyematan PIN LBH Perkebunan yang dilakukan langsung oleh Menteri BUMN dahlan iskan dengan didamping Mohammad Zamkani Deputi Bidang Usaha Industri Primer Kementerian BUMN.

Penyematan PIN merupakan simbolis sebuah tanggung jawab besar bagi Federasi Serikat Pekerja Perkebunan melalui LBH Perkebunan. Bangga bercampur haru tersirat di wajah seluruh Dewan Pengurus LBH Perkebunan tetapi semangat dan rasa memiliki terhadap perusahaan mengalahkan segalanya.

DSC_0445Seperti diungkapkan Tuhu Bangun (Ketum FSPBUN) dalam sambutannya, pembentukan LBH Perkebunan merupakan jawaban sekaligus titk awal sebuah kemajuan dalam menghadapi segala tantangan dan permasahalan serta tindakan-tindakan pelanggaran hukum di PTPN. Salah satu diantaranya penjarahan lahan yang terjadi di PTPN yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan masyarakat. Dengan dibentuknya LBH Perkebunan tentunya menjadi WARNING bagi pelaku-pelaku penjarahan lahan HGU dan Asset Perusahaan, karena Federasi Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara (FSPBUN) dengan LBH Perkebunannya akan selalu berada di barisan paling depan sekaligus menjadi perisai yang kokoh dan kuat dalam perlindungan asset-asset perusahaan. FSPBUN berjanji melalui LBH Perkebunan yang dipimpin Budiyono, SH.,MH sebagai Direktur Eksekutif LBH Perkebunan akan selalu ada bagi perusahaan, jiwa dan seluruh tanggung jawab sepenuhnya dilakukan bagi perusahaan.

Disambut tepuk tangan seluruh peserta yang hadir, muncul harapan serta semangat baru dimana LBH Perkebunan akan menjadi jawaban bagi segala kekhawatiran perusahaan akan tindakan-tindakan pelanggaran hukum yang terjadi di perusahaan.

DSC_0409Pada kesempatan yang sama melalui Ketua Umum FSPBUN Tuhu Bangun, menyampaikan santunan kepada 3 Yayasan yatim piatu yang berasal dari Depok Jawa Barat, DKI Jakarta dan Tangerang Propinsi Banten. Hal ini merupakan bukti kepedulian FSPBUN yang tertuang dalam program FSPBUN Peduli yang telah diamanatkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga FSPBUN. Disampikan juga bahwa FSPBUN Peduli merupakan wadah kegiatan sosial FSPBUN yang akan terus dikembangkan kembali salah satu diantaranya dengan mendirikan sebuah Yayasan Yatim Piatu yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat Indonesia demi terwujudnya peningkatan tarap hidup sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

FSPBUN selalu melibatkan diri dalam setiap kegiatan social seperti bantuan bencana Tsunami Aceh, Bantuan Gempa Bumi Bantul Yogyakarta, Bantuan ke daerah Maumere Irian Jaya dan Pembangunan Mesjid dan TPA di kebun Malabar PTPN VIII Jawa Barat.

Dari sekian banyak program, salah satu diantaranya rumusan Perjanjian KerjaDSC_0503 Bersama (PKB) induk tahun 2014-2015 yang tertuang dalam Draft PKB Induk 2014-2015 yang merupakan bahan Pra Perundingan antara FSPBUN dengan Badan Musyawarah Direksi (BMD) PTPN dan PTRNI yang diserahkan oleh Tuhu Bangun (Ketum FSPBUN) kepada Fauzi Yusuf selaku Ketua Periodik BMD PTPN PTRNI dengan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Bagikan Artikel ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.